large image
REKOMENDASI TEKNIS IZIN GANGGUAN (HO)
Kategori Berita | Diposting pada : 2017-10-26 -|- 03:14:00 oleh Admin
Bagikan Artikel ini :

REKOMENDASI TEKNIS IZIN GANGGUAN (HO)


Surat Izin Gangguan dan biasa juga disebut HO (Hinderordonnantie) adalah surat keterangan yang menyatakan tidak adanya keberatan dan gangguan atas lokasi usaha yang dijalankan oleh suatu kegiatan usaha di suatu tempat.


Izin Gangguan (HO) adalah izin kegiatan usaha kepada orang pribadi / badan dilokasi tertentu yang berpotensi menimbulkan bahaya kerugian dan gangguan, ketentraman dan ketertiban umum tidak termasuk kegiatan/tempat usaha yang lokasinya telah ditunjuk oleh Pemerintah Pusat atau Daerah.


Dasar hukum izin ini adalah Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2009 Tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.


Selain itu, masih ada Peraturan Daerah Kabupaten/Kota yang mengatur secara rinci tentang Retribusi Izin Gangguan yaitu Peraturan Daerah Kota Cilegon Nomor 2 Tahun 2013 tentang Retribusi Izin Gangguan (Lembaran Daerah Tahun 2013 Nomor 2, Tambahan Lembaran Daerah Nomor 75) serta Peraturan Walikota Cilegon Nomor 2 Tahun 2013 tetang Retribusi Izin Gangguan (Berita Daerah Tahun 2013 Nomor 7).


Berikut ini merupakan penjelasan alur pembuatan Rekomendasi Teknis Izin Gangguan (HO)


HO



List Berita Lainnya
KONTAK
Klik Gambar di Bawah ini
POOLING

Bagaimana menurut pendapat anda tentang layanan di website ini?

Kurang
Cukup
Sangat Bagus
Tidak Tahu

Hasil Polling
DOKUMENTASI
SOSIAL MEDIA